Rabu, 09 Juli 2014

Ilmu dan Teknologi Pangan


Teknologi pangan

Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya stelah panen (pasca panen) guna memperoleh manfaatnya seoptimal mungkin dan sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut. Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan tersebut. Spesialisasinya beragam, diantaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan sebagainya.
Sejarah teknologi pangan dimulai ketika Nicolas Appert mengalengkan bahan pangan, sebuah proses yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Namun ketika itu, Nicolas Appert mengaplikasikannya tidak berdasarkan ilmu pengetahuan terkait pangan. Aplikasi teknologi pangan berdasarkan ilmu pengetahuan dimulai oleh Louis Pasteur ketika mencoba untuk mencegah kerusakan akibat mikroba pada fasilitas fermentasi anggur setelah melakukan penelitian terhadap anggur yang terinfeksi. Selain itu, Pasteur juga menemukan proses yang disebut pasteurisasi, yaitu pemanasan susu dan produk susu untuk membunuh mikroba yang ada di dalamnya dengan perubahan sifat dari susu yang minimal.
Sejarah Teknologi pangan di Indonesia menyangkut beberapa aspek, disamping aspek program pendidikan juga berhubungan erat dengan sejarah perkembangan institusi, bidang IPTEKS, SDM (Staff, lulusan), prasarana dan fasilitas, juga menyangkut perkembangan lapangan kerja, industri dan perdagangan produk pangan serta dinamika masyarakat dan trend konsumsi pangan.

Fakultas Pertanian dan Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang


Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) merupakan hasil integrasi antara Fakultas Pertanian (FP)  dengan Fakultas Peternakan-Perikanan (Fapetrik) yang dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2009 berdasarkan SK Rektor Nomor 1 Tahun 2009. Integrasi kedua fakultas tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan efisiensi dan optimalisasi sumber daya. Fakultas Pertanian-Peternakan memiliki 6 program studi, yaitu
(i) Program Studi Agroteknologi,
(ii) Program Studi Agribisnis,
(iii) Program Studi ITP,
(iv) Program Studi Kehutanan
(v) Program Studi Peternakan dan
(vi) Program Studi Budidaya Perairan. Jurusan Agronomi

Program Studi (Prodi) Ilmu dan Teknologi Pangan

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEiZtLY4yc4uXrE93xVt-_-2g5UAJmvi-fZXHWRMfNQGl38S_WDI0r3mRv5As8h7ic0hyphenhyphenuUjMO97Egze8vjySeGUbeiSLkfHoppatZvHFicp5I7y20oa5BaCCtDXzftfwSVKZWRDJCOEYnI32jde17xnA_Fw_1jM_v1nkixNmA=

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (Ilmu dan Teknologi Pangan)  berdiri pada Tahun 1993, berdasarkan Surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 118/DIKTI/Kep/1993. Pada Tahun 2000 Jurusan THP (Ilmu dan Teknologi Pangan) Universitas Muhammadiyah Malang, memperoleh status akreditasi dengan nilai B, berdasarkan surat Keputusan BAN DIKTI Nomor : 028/BAN-PT/Ak-IV/2000, tanggal 5 Oktober 2000. Dan lima tahun kemudian tepatnya pada 26 Januari 2006 status akreditasinya meningkat menjadi A (BAN-PT Nomor : 08285/Ak-IX-S1-028/UMMLLP/I/2006). Pada tanggal 28 Januari 2011 memperoleh status akreditasi B berdasarkan SK BAN-PT dengan Nomor 043/BAN-PT/Ak-XIII/SI/2011.
Keunggulan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan UMM
1. Memiliki laboratorium (Lab. Kimia-biokimia, lab mikrobiologi dan lab. rekayasa pangan), dan laboratorium pendukung (lab. Bioteknologi lab. agroteknologi, lab. agribisnis, lab perikanan dan lab. peternakan).
2. Menghasilkan sarjana ilmu dan teknologi pangan yang islami, handal dan kompetitif yang mampu berkomunikasi dengan masyarakat industri.
3. Selama kuliah mahasiswa di bekali soft skill melalui kegiatan ekstrakurikuler sehingga mampu mengembang-kan kemampuannya dalam bekerja di masyarakat maupun industri.
Itulah, perkembangan dan keunggulan yang dimiliki Fakultas Pertanian dan Peternakan, Ilmu dean Teknologi Pangan.
Semoga bermanfaat.

sumber :
http://firdamalia46.wordpress.com/2014/06/18/fakultas-pertanian-dan-peternakan-ilmu-dan-teknologi-pangan/
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar